Pengaruh Lingkungan Terhadap Kehidupan Parasit

Semua makluk hidup yang ada di bumi ini bergantung pada keadaan lingkungan. Pengaruh lingkungan terhadap kehidupan parasit juga sangat menentukan perkembangan dari parasit tersebut. Apalagi untuk parasit yang hidupnya cenderung menjadi penumpang pada inangnya, pasti memiliki ketergantungan lebih besar terhadap perubahan lingkungan sekitarnya.

Ada beberapa faktor  lingkungan  yang mempengaruhi kehidupan parasit, diantaranya adalah faktor biotik dan faktor abiotik (kimia dan fisika). Kalau dilihat dari faktor fisik, peranan temperatur sangat besar dalam pengaruhnya terhadap perkembangbiakan parasit.

Adanya suhu atau temperatur yang berubah-rubah mempengaruhi pekembangan fisik dari parasit, juga terganggunya kemampuan dalam mencari sumber makanan. Perubahan suhu kadang juga menguntungkan bagi inang dimana parasit hidup, karena sifat inang belum tentu sama dengan parasit, jadi sewaktu temperatur berubah mungkin saja dapat menyebabkan inangnya lebih mendapat kebebasan mencari makanan.

Faktor lain yang mempengaruhi kehidupan parasit yaitu adanya mikro organisme lain atau makluk hidup lain yang tinggal di lingkungan yang sama. Jika makluk hidup tersebut juga mencari makanan yang sama dengan parasit, maka perkembangan parasit dapat terganggu karena berkurangnya sumber makanan.

Pengaruh lingkungan terhadap kehidupan parasit yang tidak kalah penting adalah kelembaban dan faktor kadar kebasahan maupun kekeringan lingkungan sekitar. Lingkungan yang terlalu kering atau terlalu lembab dapat mempengaruhi siklus perkembangbiakan makluk hidup disekitarnya.


Category Article

What's on Your Mind...