Sifat Fisik Karbohidrat | Sifat Kimia Karbohidrat

Sebagai sumber energi, karbohidrat memiliki dua sifat yaitu sifat fisik karbohidrat dan sifat kima karbohidrat. Kalau untuk sifat fisika karbohidrat mungkin kita sudah tidak terlalu asing, namun untuk memahami lebih detail lagi mari kita bahas karbohidrat dari segi sifat fisik maupun sifat kimianya.

Sifat Fisik Karbohidrat dan Sifat Kimia Karbohidrat
Kalau dilihat secara umum, jenis karbohidrat ada 3 yaitu karbohidrat monosakarida dan turunannya, oligosakarida serta polisakarida. Dari ketiga jenis karbohidrat tersebut mempunyai keunggulan masing-masing.

Sifat fisik karbohidrat monosakarida dan aligosakarida adalah dapat larut dalam air maupun etanol. Tapi karbohidrat jenis ini tidak larut di dalam cairan organic misalnya pada ether, chloroform, benzene. Monosakarida dan aligosakarida memiliki rasa khas yaitu terasa manis.

Dilihat dari sifat kimianya, monosakarida adalah suatu bentuk molekul yang sudah tidak dapat di uraikan atau di pecah kedalam bentuk yang lebih kecil lagi. Molekul ini merupakan molekul pembentuk oligosakarida dan polisakarida. Glukosa, fruktosa dan galaktosa merupakan beberapa jenis karbohidrat yang termasuk ke dalam kelompok monosakarida.

Sedangkan oligosakarida adalah gabungan dari molekul-molekul monosakarida yang dapat berbentuk disakarida, trisakarida, dsb. Oligosakarida yang paling banyak digunakan dalam industri pangan adalah maltosa, laktosa dan sukrosa. Biasanya maltosa digunakan sebagai bahan pemanis.


Category Article

What's on Your Mind...