Fungsi Kelenjar Prostat pada Manusia

Sangat penting bagi kita memahami apa fungsi kelenjar prostat pada manusia karena dengan mengerti pengertian kelenjar prostat akan membantu untuk kita belajar lebih dalam tentang organ penting pada tubuh manusia itu sendiri. Prostat merupakan kelenjar eksokrin yang terdapat pada sistem reproduksi makhluk hidup mamalia, termasuk pada manusia.

Letak kelenjar prostat berada pada alat reproduksi pria yang mana bagian kelenjar ini akan mengelilingi saluran urine sehingga memiliki peranan penting mengontrol keluarnya air kencing sebagai pembuangan pada manusia. Bagian ini penting karena dengan adanya kelenjar ini maka akan dapat mengatur secara langsung saluran kemih tersebut agar stabil.

kelenjar prostat

Berikut fungsi dari kelenjar ini:

  1. Mengeluarkan dan menyimpan sejenis cairan berwarna keputihan yang menjadi dua pertiga bagian dari air mani.
  2. memiliki peranan penting dalam mengontrol pembuangan air kecil dengan menekan secara langsung pada bagian urethra yang dikelilinginya.
  3. Memproduksi cairan prostat, yaitu cairan yang akan membawa sperma sehingga dapat terpelihara dengan baik.



Setelah memahami sekilas mengenai kelenjar prostat seperti pada artikel diatas harapannya kita lebih tahu tentang organ tersebut karena memiliki peran penting dalam kelangsungan proses metabolisme pada manusia. Dengan adanya kelenjar tersebut dapat menjadikan bayak aktifitas penting pada organ reproduksi menjadi lancar.

Pada lelaki yang sudah berusia diatas 50 tahun sering mengalami penyakit membesarnya kelenjar prostat yang kalau tidak ditangani secara serius dapat menyebabkan tmbulnya kanker prostat sehingga perlu penanganan yang baik ketika menderita penyakit tersebut.


Category Article

What's on Your Mind...