Penjelasan tentang benda tenggelam, melayang, dan terapung

Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi jika benda padat dimasukkan ke dalam air yaitu terapung, melayang atau tenggelam. Hal ini disebut dengan hukum Archimedes, yaitu hukum yang menjelaskan tentang prinsip-prinsip pengapungan benda dalam air. Lalu, apakah yang dimaksud dengan terapung, melayang dan tenggelam itu? Berikut adalah penjelasan benda tenggelam, melayang dan terapung.

Benda tenggelam
Benda padat akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air, benda ini akan mencapai dasar air. Hal ini dikarenakan berat jenis beneda tersebut lebih besar daripada berat jenis air. Benda padat yang dapat tenggelam misalnya besi, batu, gelas, piring, tanah, dan lain sebagainya.

Benda melayang
Selain tenggelam, benda pda dapat juga melayang. Artinya, benda tersebut berada diantara permukaan air dan dasar air. Meskipun padat, benda tersebut memiliki kesamaan berat jenis sehingga dapat melayang. Benda yang dapat melayang dalam air diantaranya kapal selam, juru selam (penyelam), dan ada juga telur yang dapat melayang di dalam air garam.

Benda terapung
Benda terapung adalah benda yang berada diatas permukaan air. Hal ini dikarenakan berat jenis air lebih besar dibandingkan berat jenis benda itu sendiri. Benda-benda yang dapat terapung antara lain kayu, pensil, balon, plastic, kapal laut, dan masih banyak lagi.

Dari penjelasan singkat diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa semua benda yang ada di bumi ini dikelompokkan menjadi tiga macam seperti yang telah dijelaskan tersebut. Dengan mengetahui apa saja macam benda yang ada disekitar kita maka diharapkan akan dapat membantu merawat kelestarian lingkungan yang barangkali akan sangat berguna untuk kelangsungan hidup generasi penerus kita kelak. Sekarang memang belum terasa dampak negatif merusak lingkungan secara langsung, namun bukan tidak mungkin anak cucu kita kelak yang akan merasakan kerugian atas perbuatan kita hari ini sehingga tidak ada salahnya untuk menjaga keharmonisan lingkungan serta isinya.


Category Article

What's on Your Mind...