Tahapan Perkembangan Akhlak Seseorang

Beberapa tahapan perkembangan akhlak seseorang hingga mencapai tahapa d3wasa dan matang dapat dibagi menjadi tiga, dimana dalam proses ini kita sebagai manusia mengalami perkembangan baik fisik maupun mental. Yang secara terus-menerus harus mendapatkan bimbingan agar tidak terpengaruh oleh dampak negative yang mungkin ada baik itu dari faktor lingkungan, teman, dan faktor lainnya.

Perkembangan Akhlak Seseorang dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

Tahap awal anak-anak

Tahap ini anak-anak mulai membentuk keyakinan kepada orang sekitarannya. Hubungan ibu dan anak dalam tahap ini perlu dijaga dan diperkukuh, sehingga anak-anak mempunyai keyakinan kepada lingkungan dan alam sekitarnya. Keupayaan anak-anak untuk mandiri serta merasakan kewujudan dirinya yang tersendiri cukup penting dalam tahap ini. Dalam tahap inilah berkembang sifat-sifat personal seperti sayang, benci, ego serta kebebasan untuk mengungkap perasaan tercipta.

Tahap pertengahan dan akhir anak-anak

Dalam tahap ini anak-anak mula memperluas arena hubungan sosial dan pergaulannya dengan orang lain yang sekampung atau sesekolah atau juga rekan sebaya dengannya. Anak-anak awalnya menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi baru dalam hidupnya. Ia mula membiasakan perbuatan dan jenis-jenis tindak tanduk yang disukai oleh orang lain atau sebaliknya. perbuatannya. Perkembangan akhlak yang positif ini menyebabkan anak-anak selalu berusaha untuk menyelaraskan antara kehendak dirinya dengan kehendak orang lain.

Tahap baligh dan remaja

Perkembangan akhlak pada masa ini mula berakar dan mantap. Fisik anak-anak mulai berkembang dan membesar. Perkembangan ini diikuti oleh perkembangan sosial emosinya , di mana anak tersebut mulai memperoleh kepribadiannya yang unik. Ia mulai merasakan 'sense of belonging' pada kelompok yang lebih besar. Tahap ini adalah tahap yang amat complicated (rumit) dan ia disertai oleh pengalaman-pengelaman baru serta peranan dan peluang-peluang yang baru.


Category Article

What's on Your Mind...