Pengertian Sumber Daya Manusia

Berikut ini akan kita bahas mengenai pengertian sumber daya manusia yang secara ringkas saya perolah referensi dari Wikipedia, mengenai apa saja yang dimaksud sumber daya manusia dan manajemen yang baik, mungkin akan kita lanjutkan pada topik mendatang.

Sumber daya manusia adalah suatu potensi yang ada pada setiap individu untuk mewujudkan peran sebagai makhluk sosial. Peran manusia terhadap lingkungan dan alam sekitarnya tersebut tidak lepas dari sikap pegembangan potensi yang ada dalam diri untuk membina kesejahteraan bersama dan meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Sumberdaya manusia atau biasa disingkat SDM juga merupakan sebuah bagian penting yang membentuk integrasi dengan organisasi sehingga mewujudkan visi dan misi dari organisasi tersebut.

Dalam perkembaganya sebagai ilmu yang penting, maka sumber daya manusia dipelajari dalam suatu wadah yaitu MSDM atau Manajemen Sumber Daya Manusia, dalam bidang ilmu ini, akan timbul sintesa antara ilmu manajemen dan psikologi. Mengingat struktur SDM dalam industri-organisasi dipelajari oleh ilmu manajemen, sementara manusia perannya adalah sebagai subyek pelaku adalah bidang kajian ilmu psikologi.

Sebenarnya, SDM bukan saja merupaka suatu sumber daya, namun lebih penting adalah sebagai modal utama dalam sebuah organisasi atau institusi, karena dengan SDM yang handal maka akan menentukan masa depan yang cerah bagi organisasi tersebut, dan demikian juga sebaliknya.


Category Article

What's on Your Mind...