Cara Agar Tidak Gugup Saat Bicara Di Depan Umum

Nervous saat tampil didepan umum merupakan kendala yang banyak dikeluhkan oleh mereka yang belum terbiasa menjadi pembicara di depan publik. Lalu bagaimana cara agar tidak gugup saat bicara di depan umum atau menghadapi orang banyak? Bukan hal yang mudah untuk menghadapi audiens, apalagi jika kita harus bicara sendirian dan mengendalikan orang banyak atau menjadi pembawa acara.

Untuk berlatih bicara didepan umum, anda dapat latihan dengan bicara di depan cermin dan yakinkan bahwa anda dapat mengendalikan orang lain. Tataplah wajah anda sendiri di cermin seperti anda sedang bicara dengan orang lain.

Anda juga dapat menghindari rasa gemetar di tangan dengan cara meletakkan tangan anda di kursi pada saat didepan umum.

Jauhilah kafein, rokok atau alkoh0l ketika anda akan tampil didepan umum. Jadilah diri sendiri, tidak perlu mencari penenang atau penghilang grogi, karena anda yakin kalau anda pasti bisa.

Sebelum anda mulai pembicaraan, sebaiknya tarik nafas panjang untuk menghilangkan ketegangan ketika anda mulai memeperkenalkan diri anda pada publik. Bicaralah dengan tenang, teratur dan berinteraksilah dengan penonton agar anda dapat lebih rileks.

Itulah beberapa tips menghilangkan grogi saat tampil didepan umum yang semoga membantu anda.


Category Article

What's on Your Mind...