Penyebab Susah Buang Air Besar

Penyebab susah buang air besar pada anak maupun orang dewasa pada umumnya banyak yang beranggapan bahwa akibat dari kurangnya serat makanan yang kita konsumsi, padahal belum tentu penyebab susah BAB karena masalah tersebut. Apabila kita mengalami masalah sembelit yang berakibat susahnya buang hajat, maka harus dicari cara mengatasi susah buang air besar agar penyakit tersebut tidak berlarutan.

Penyebab Susah Buang Air Besar
Beberapa hal yang bisa menjadi pemicu susah buang air besar di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak betah tinggal ditempat baru, ada orang bilang kalau kita baru saja pindah ke suatu tempat, jika lancar dalam baung air besar itu tandanya kita sudah betah. Nah, meskipun terkesan hanya mitos, namun banyak juga yang mengalami susah BAB dan rata-rata mereka memang tidak betah tinggal ditempat tersebut. Kalau dikaitkan secara psikologis, memang benar, adanya stress atau perasaan yang tidak nyaman dapat menimbulkan gangguan sembelit.

2. Sering menunda untuk BAB, karena terlalu sibuk mungkin kita sering menunda untuk buang air besar meskipun sebenarnya sudah sangat terasa. Kebiasaan seperti ini tidak bagus karena lama kelamaan kita akan mengalami masalah susah buang air besar.

3. Faktor makanan, nah ini adalah alasan kenapa orang susah buang air besar yang sering menjadi penyebab utama. Faktor makanan sangat berpengaruh pada sistem pencernaan kita, orang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan kalengan atau makanan yang kurang berserat, memiliki resiko susah buang air besar dan gangguan sistem pencernaan. Untuk itu, ada baiknya untuk memenuhi kebutuhan serat makanan harian dengan memilih menu makan yang seimbang.

4. Karena stress, stress yang berlebihan dapat memicu timbulnya gangguan perncernaan.. Hal ini disebabkan karena sistem syaraf yang bertugas mengatur proses pencernaan pada usus tidak bekerja dengan normal, akibatnya dapat menimbulkan sembelit atau susah BAB.


Category Article

What's on Your Mind...