Pengertian dan Tujuan Pendidikan Karakter

Pentingnya pendidikan bagi generasi bangsa memang sangat mutlak, pengertian pendidikan karakter berikut ini menjelaskan tentang tujuan pendidikan karakter dan pilar-pilar pendidikan karakter yang patut kita ketahui. Pengertian pendidikan karakter menurut para ahli sudah banyak yang membahasnya, maka berikut ini marilah kita simak ulasan tentang tujuan pendidikan karakter bagi manusia.

Peran pendidikan bagi kemajuan sebuah bangsa sangat penting, untuk itu perlu adanya bimbingan khusus bagi setiap individu atau kelompok untuk mendapatkan pendidikan yang memadai.

Sedangkan karakter merupakan sifat khusus atau moral dari perorangan maupun individu. Jadi pengertian pendidikan karakter atau pendidikan berkarakter adalah usaha yang dilakukan secara sadar untuk menanamkan nilai-nilai atau sikap baik bagi peserta didik sehingga dapat diwujudkan dalam tingkah laku sehari-hari.

Tujuan pendidikan karakter adalah untuk menanamkan dan membentuk sifat atau karakter yang diperoleh dari cobaan, pengorbanan, pengalaman hidup, serta nilai yang ditanamkan sehingga dapat membentuk nilai intrinsik yang akan menjadi sikap dan perilaku peserta didik.

Nilai-nilai yang ditanamkan berupa sikap dan tingkah laku tersebut diberikan secara terus-menerus sehingga membentuk sebuah kebiasaan. Dan dari kebiasaan tersebut akan menjadi karakter khusus bagi individu atau kelompok.


Category Article

2 Responses to “Kampung Jawa”

What's on Your Mind...