Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi

Sebelum membahas lebih jauh menganai jenis paragraf eksposisi dan juga contoh paragraf eksposisi, mari kita lihat dahulu apa itu pengertian paragraf eksposisi secara singkat. Definisi paragraf eksposisi adalah paragraf yang berisi paparan atau penjelasan tentang sesuatu, paragraf eksposisi berisi penyampaian informasi secara jelas tanpa ada unsur ajakan supaya pembaca mengikuti apa yang dijelaskan.

Ciri-ciri paragraf eksposisi adalah apa yang dipaparkan bersigat obyektif tanpa ada maksud tertentu dan hanya bertujuan untuk menambah pengetahuan pembaca. Ide yang disampaikan bisa berupa gagasan penulis atau penggalian ide melalui sintesis serta analisis yang kadang dicantumkan juga grafik dan gambar sebagai bentuk penjelasan yang lebih rinci. Paragraf eksposisi diakhiri dengan kesimpulan yang menegaskan apa yang diterangkan, dan bukan sebuah ajakan untuk pembaca.


Contoh Paragraf Eksposisi tentang endoskopik
----------------------------------------------------
Endoskopik adalah suatu metode pengobatan penyakit maag dengan cara memasukkan pipa endoskopik kedalam organ pencernaan yang melibatkan mulut, kerongkongan, lambung, dan usus halus. Proses endoskopik ditujukan untuk mendeteksi secara dini gejala penyakit lambung agar diketahui sebab pasti dan dapat diberikan penanganan yang tepat untuk jenis penyakit tersebut. Endoskopik sangat membantu para dokter untuk menentukan jenis obat apa yang akan diberikan kepada pasien, karena hasil test endoskopik meliputi beberapa rincian yang jelas mulai dari foto, pengambilan sample organ dalam, dan test laboratorium.


Di atas adalah sedikit ulasan tentang pengertian paragraf aksposisi dan artinya serta ciri khas paragraf eksposisi yang semoga dapat membantu kamu yang tengah menyusun paragraf eksposisi.


Category Article

One Response to “Kampung Jawa”

What's on Your Mind...