Pengertian Daur Fosfor

Apa yang dimaksud pengertian daur fosfor? Daur fosfor adalah suatu proses atau siklus yang melibatkan fosfor sebagai bahan yang di proses/ mengalami daur ulang. Daur fosfor meliputi input serta proses yang di daur hingga akhirnya menjadi fosfor kembali.

Di bumi banyak terdapat fosfor yang antara lain sumber fosfor di dapat dari batuan, bahan organik, tanaman, dan juga tanah. Input daur fosfor berupa hasil pelapukan bebatuan, sedangkan outputnya menghasilkan fiksasi mineral dan pelindikan.

Gambar Daur Fosfor

Daur Fosfor

Di alam ini terdapat dua jenis fosfor yaitu senyawa fosfat organik (pada tumbuhan dan hewan) dan senyawa fosfat anorganik (pada air dan tanah).

Oleh dekomposer atau pengurai, fosfat yang berasal dari tumbuhan serta hewan yang mati kemudian di uraikan menjadi fosfat anorganik. Fosfat banyak ditemui pada fosil dan batu karang, karena fosfat dari air tanah atau air laut terurai dan selanjutnya mengendap pada sedimen laut.

Fosfat dari batu dan fosil terkikis dan membentuk fosfat anorganik terlarut di air tanah dan laut. Fosfat anorganik ini kemudian akan diserap oleh akar tumbuhan lagi. Siklus seperti ini akan terus berulang-ulang, dan siklus itulah yang dinamakan pengertian daur fosfor.


Category Article

What's on Your Mind...