Tumbuhan Langka di Indonesia Dan Penjelasannya

Sebagai warga Indonesia, kita patut bangga akan kekayaan alam Indonesia. Mari kita membahas sedikit tentang tumbuhan langka di Indonesia dan penjelasannya yang termasuk salah satu kekayaan Indonesia. Di Indonesia terdapat banyak jenis tumbuhan langka, mulai dari yang masih bisa ditemukan sampai yang sangat sukar untuk dicari.

Salah satu contoh tumbuhan langka di Indonesia yaitu tanaman Bantal Sulam. Nama ilmiah bantal sulam adalah palaquium walsurifolium. Tanaman bantal sulam dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 45 meter dengan diamater batangnya sampai 45 sentimeter.

Bantal Sulam

Tumbuhan bantal sulam banyak ditemukan disekitar kawasan rawa gambut dengan ketinggian tanah sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Belum banyak keterangan yang menjelaskan tentang tanaman ini, selain namanya yang unik yaitu bantal sulam, tanaman ini juga dikenal dengan sebutan Beitis, Margetahan, Nyato, Nyatoh, Nyatoh Jangkar.

Bantal sulam banyak tumbuh di daerah Kalimantan dan juga menyebar sampai ke semenanjung Malaysia dan Sumatera.

Itulah salah satu tumbuhan langka di Indonesia dan penjelasannya yaitu tanaman bantal sulam, di lain kesempatan kita akan membahas lebih banyak tentang kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.


Category Article

What's on Your Mind...