Rangkaian Listrik Paralel

Mungkin kalian pernah bertanya tentang bagaimana cara membuat rangkaian listrik paralel dan juga rangkaian listrik seri. Memang didalam pelajaran disekolah pasti pernah di ajarkan tentang jenis-jenis rangkain listrik, didalamnya ada dua macam rangkaian listrik yaitu rangkaian paralel dan rangkaian seri.

Yang akan kita bahas kali ini adalah tentang rangkaian listrik paralel yang kebanyakan dipakai dalam keperluan sehari-hari. Contoh rangkaian listrik paralel dapat dilihat pada lampu lalu lintas, dimana prinsip kerja rangkaian listrik paralel pada lampu lalu lintas tersebut menggunakan tiga buah lampu yang terhubung paralel antara satu lampu dengan yang lain.

Rangkaian Listrik Paralel

Kalau digambarkan secara sederhana dapat dilihat pada gambar di atas, dimana dari ketiga bola lampu tersebut terhubung paralel terhadap sumber tegangan. Jadi pengertian rangkaian listrik paralel bisa juga dikatakan sebagai rangkain berderet, dimana antara beban satu (lampu) dengan beban yang lain dipasang secara berjajar.

Itulah sedikit tentang gambaran rangkaian listrik paralel, sekarang ini masih mencari referensi yang lebih lengkap tentang macam-macam rangkain listrik termasuk rangkain listrik seri didalamnya.


Category Article

2 Responses to “Kampung Jawa”

What's on Your Mind...