Metabolisme Galaktosa

Metabolisme Galaktosa - Di dalam usus galaktosa akan di ubah kedalam glukosa dalam hepar, suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui fungsi hepar dinamakan Galactose tolerance test. Tetapi sekarang Galactose tolerance test sudah jarang digunakan dalam pemeriksaan fungsi hepar.


Berikut ini jalur yang digunakan dalam mengubah galaktosa menjadi glukosa:

Galaktokinase mengkatalisis reaksi (reaksi 1) dan dalam reaksi ini diperlukan ATP sebagai donor fosfat. Galaktosa 1-fosfat yang terbentuk akan bereaksi dengan uridin difosfat glukosa (UDPG) dan menghasilkan uridin difosfat galaktosa dan glukosa 1-fosfat. Reaksi ini dikatalisis enzim galaktosa 1-fosfat uridil transferase, galaktosa menggantikan tempat glukosa.

Suatu epimerase mengubah galaktosa menjadi glukosa (reaksi 2). Reaksi ini terjadi pada suatu nukleotida yang mengandung galaktosa, peristiwa oksidasi-reduksi berlangsung dan memerlukan NAD+ sebagai ko-enzim.

UDP-glukosa yang dihasilkan, dibebaskan dalam bentuk glukosa 1-fosfat (reaksi 3). Mungkin sebelum dibebaskan digabung dulu dengan molekul glikogen, baru kemudian dipecah enzim fosforilase.


Category Article

What's on Your Mind...