Letak Sungai Amazon

Kalau bicara tentang dimana letak sungai Amazon, hal penting lain yang patut kita tahu adalah bahwa sungai Amazon merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dengan urutan yang kedua setelah sungai Nil yang terletak di Afrika.

Sungai Amazon

Sungai Amazon terletak di Amerika Selatan, sungai ini memiliki aliran air paling besar dari sungai manapun yang ada di bumi. Demikian juga dengan sistem peraliran yang ada di sungai Amazon, sistem peralirannya sangat besar dan lebih besar dari sungai Nil atau singai Mississippi sekalipun.

Pada musim hujan, sungai Amazon melepas jumlah air tawar ke Samudera Atlantik dalam skala yang sangat besar yaitu sekitar 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³). Aliran sungai Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia.

Sungai Amazon membawa air dari koordinat 5° LU sampai 20° . Sumber paling jauh ditemukan di dataran tinggi inter-Andes, jarak yang cukup dekat dengan Samudra Pasifik dan setelah menempuh jarak 7.200 km (4.800 mil) melalui pedalaman Peru dan melewati Brasil, kemudian masuk Samudra Atlantik di katulistiwa.


Category Article

What's on Your Mind...