Jenis-Jenis Tumbuhan Spora

Salah satu contoh tumbuhan spora adalah tumbuhan paku, artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis tumbuhan spora berdasarkan dari spora yang dihasilkan. Tumbuhan spora termasuk jenis tanaman yang sudah memiliki umur cukup lama hidup dibumi. Diperkirakan tumbuhan spora sudah ada sejak jaman dahulu sebelum adanya hewan-hewan purba.

Suplir

Lebih lengkapnya tentang apa itu tumbuhan paku, silahkan simak beberapa jenis tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara spora berikut ini:

1. Tumbuhan Paku Homospora
Jenis tumbuhan homospora atau isospora adalah tumbuhan yang memiliki spora berumah satu dan ukuran sporanya sama besar. Contoh tumbuhan homospora adalah suplir (Adiantum cuneatum).

Tumbuhan paku suplir memiliki rizoma yaitu sejenis batang yang menjalar didalam tanah dan juga ujung daun yang masih mudah biasanya menggulung ke atas. Pada bagian bawah daun tumbuhan suplir terdapat bintik-bintik spora yang apabila spora tersebut jatuh di tempat yang memungkinkan untuk hidup, maka akan tumbuh zigot. Zigot berkembang menjadi tumbuhan suplir baru (sporofit).

2. Tumbuhan Paku Heterospora
Jenis tumbuhan paku heterospora adalah tumbuhan paku yang memiliki protalium tidak sama besar dan berumah dua. Contoh tumbuhan paku heterospora adalah paku semanggi (Marsilea) dan paku rane (Selaginella).

3. Tumbuhan Paku Peralihan Jenis tumbuhan paku peralihan merupakan tumbuhan yang menghasilkan spora sama besar akan tetapi jenis kelaminnya berbeda. Tumbuhan paku peralihan adalah bentuk peralihan antara paku homospora dan heterospora, misalnya paku tapal kuda (Equisetum debile).


Category Article

One Response to “Kampung Jawa”

What's on Your Mind...