Jenis-Jenis Pupuk

Kalau bicara tentang jenis-jenis pupuk, rasanya sekarang ini para petani sedang giat memupuk tanaman mereka karena sekarang pasca panen dan masa menanam benih tanaman yang baru. Dan pada masa-masa sekarang ini tanaman sedang membutuhkan unsur hara yang cukup untuk perkembangannya, maka dari itu perlu adanya suplemen atau penambahan dengan cara pemberian pupuk untuk tanaman.

Lalu apa saja macam-macam pupuk yang biasa digunakan oleh petani? Kalau mau dilihat secara lengkapnya ada banyak jenis pupuk yang tersedia dalam bidang pertanian. Selengkapnya silahkan simak uraian tentang jenis pupuk dibawah ini:


Jenis-Jenis Pupuk

Berdasarkan bentuk fisik dari pupuk. Berdasarakan bentuk fisiknya, pupuk dibedaka menjadi pupuk cair dan pupuk padat. Cara penggunaan pupuk padat adalah dengan cara ditaburkan pada tanah disekitar batang tanaman, sedangkan pupuk cair cara menggunakannya dengan disemprotkan menggunakan bantuan tabung khusus yang sudah tersedia.

Berdasarkan kandungan yang terdapat didalam pupuk. Berdasarkan kandungannya, pupuk dibedakan menjadi pupuk tunggal dan pupuk majemuk. Yang dimaksud pupuk tunggal adalah jenis pupuk yang hanya mengandung satu jenis unsur hara, sedangkan pupuk majemuk memiliki beberapa kandungan unsur hara yang diformulasikan secara khusus.

Berdasarkan sumber materi. Bersadarkan materi yang digunakan untuk membuat pupuk, maka jenis pupuk dapat dibedakan menjadi dua yaitu pupuk organik dan pupuk kimia. Yang dimaksud pupuk organik adalah jenis pupuk yang dihasilkan dari bahan-bahan organik seperti tumbuh-tumbuhan dan kotoran hewan. Contoh pupuk organik adalah pupuk kandang, kompos, dan pupuk hijau.

Sedangkan pupuk kimia merupakan jenis pupuk yang dihasilkan dari proses pengolahan pabrik, pupuk kimia ini mengandung bahan kimia yang sudah dikomposisikan khusus untuk menambah kesuburan tanah. Contoh pupuk kimia misalnya pupuk UREA, pupuk UREA tablet.


Category Article

What's on Your Mind...