Fungsi Saklar | fungsi saklar

Apakah fungsi saklar? Saklar, dalam keseharian pasti kita sering mendengar kata saklar atau bahkan tidap hari memegang saklar. Lalu apa sebenarnya fugnsi dari saklar? Kalau dilihat secara umumnya, fungsi saklar adalah sebagai alat penghubung atau pemutus rangkaian.

Saklar

Di dalam rangkaian elektronika, saklar biasanya dikelompokkan kedalam saklar manual dan saklar oromatis. Saklar manual cara penggunaannya adalah manual dengan tangan manusia, contoh saklar manual yaitu saklar power, saklar pada pengatur tangan, dll.

Sedangkan saklar otomatis dapat bekerja karena adanya kontrol dari peralatan lain, contoh saklar otomatis misalnya saklar untuk sensor panas, dapat bekerja jika ada alat pendetaksi panas atau sensor panas yang dihubungkan dalam rangkaian saklar.

Ada banyak sekali contoh-contoh saklar yang dapat kita temui disekitar kita, misalnya saklar listrik, saklar pada pesawat televisi, saklar radio, saklar HP, dan masih banyak lagi.

Itulah kira-kira sedikti pembahasan tentang apa itu fungsi saklar. Jika kalian masih kebingungan, silahkan bertanya melalui komentar dibawah.


Category Article

What's on Your Mind...