Binatang Yang Hidup di Dua Alam

Binatang yang hidup di dua alam sering disebut juga sebagai binatang amfibia atau amphibi. Contoh binatang amphibi dapat kita lihat pada binatang katak yang dapat hidup baik di darat maupun di dalam air.

Katak Poison

Klasifikasi dan contoh binatang yang hidup di dua alam selengkapnya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Binatang amphibi umumnya bertelur di dalam air atau ditempat-tempat yang lembab, kemudian telur tersebut menetas menjadi berudu yang masih hidup di dalam air dan bernafas dengan insang.

Setelah dewasa, binatang amphibi kemudain berganti wujud menjadi hewan yang memiliki kaki serta mulai berpindah hidup di daratan. Binatang amphibi juga dilengkapi dengan kaki yang memiliki selaput kulit yang mampu berenang ketika berada di dalam air.

Secara ringkas, ciri-ciri binatang amphibi dapat dilihat dari lapisan kulit yang memiliki lendir, serta pada matanya memiliki selaput tambahan yang berfungsi pada saat menyelam di dalam air.

Binatang amphibi tergolong kedalam jenis binatang berdarah dingin, memiliki jantung dengan tiga sekat yaitu dua serambi dan satu bilik. Binatang amphibi berkembang biak dengan cara bertelur kemudian telur tersebut dibuahi oleh pejantan diluar tubuh induknya.

Contoh binatang amphibi adalah bangsa sesilia (Caecilia), serta bangsa kodok dan katak (Anura).


Category Article

What's on Your Mind...