Tips Merawat Ban Motor Biar Awet

Kali ini saya akan berbagi sedikit tips merawat ban motor biar awet, karena cukup merepotkan juga kalau sedang beeprgian tiba-tiba ban mengalami kebocoran. Yang lebih apes lagi kalau pas di tengah hutan dan tidak ada bengkel, alamat harus jalan jauh untuk mendapatkan P3K buat ban motor.

Motor Ninja

Waktu tadi iseng-iseng browsing, saya menemukan beberapa tips cara merawat ban motor agar tidak mudah bocor. Sekedar informasi ringan barangkali dapat membantu menjaga keawetan ban motor kita semua.

Untuk menjaga ban motor biar awet dan tidak gampang bocor adalah secara rutin melakukan penggantian angin ban. Bisa dilakukan tiap bulan, mengganti angin yang ada di dalam ban agar kondisi karet ban tidak lengket dan menjaga keawetan ban motor bagian dalam yang sering bocor kalau dibawa bepergian apalagi perjalanan jauh.

Cara lainnya adalah dengan tetap menjaga tekanan angin di dalam ban agar sesuai dengan kondisi ban, maksudnya kalau ban luar sudah agak tipis ya diusahakan tidak memberikan tekanan angin yang terlalu keras agar kondisi ban lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan tekstur jalan saat digunakan berkendara.

Faktor lain seperti bagaimana cara mengendarai sepeda motor juga sangat berpengaruh terhadap keawetan ban, mempercepat laju motor secara mendadak atau mengerem tiba-tiba akan menyebabkan umur ban semakin tidak lama.

Demikian sedikit tips menjaga ban motor biar awet, jika masih mempunyai tips lainnya, silahkan bisa menambahkan melalui kolom komentar.


Category Article

What's on Your Mind...