Sumber Utama atau Mekanisme Pembentukan ATP

Artikel sumber utama atau mekanisme pembentukan ATP ini akan membahas seputar sumber utama ATP dan juga mekanisme pembentukan ATP di dalam tubuh manusia. Pengertian ATP: ATP atau Adenosine TriPosphate adalah energi yang dihasilkan dari makanan dan merupakan sumber energi utaman bagi fungsi sel di dalam tubuh.

Di dalam tubuh, selanjutnya ATP akan di uraikan secara kimia sehingga menghasilkan energi dan dalam proses penguraian tersebut juga menghasilkan panas yang merupakan pembuangan dari proses penguraian ATP.

Sumber utama pembentukan ATP adalah berasal dari berbagai jenis makanan yang kita konsumsi yang selanjutnya akan di olah dan menjadi ATP yang berguna untuk menunjang kelangsungan kerja sel dalam tubuh.

Di antara makanan yang merupakan sumber ATP misalnya karbohidrat, lemak, protein dan juga zat gizi yang terkandung di dalam makanan.

Kalau di tinjau dari segi prosentase, selama proses pembentukan ATP energi yang berubah menjadi panas adalah sekitar 60%, sedangkan sisanya kurang lebih hanya 25% yang dapat menunjang kerja fungsional sel dalam tubuh.


Category Article

What's on Your Mind...