Pengertian Petir | Pengertian Kilat

Kalau membahas tentang pengertian petir atau pengertian kilat, pasti kita sudah tidak asing dengan adanya petir. Di musim hujan petir adalah suatu keadaan yang sudah biasa karena pasti selalu terjadi kilatan bunga api di ujung langit seperti aliran arus listrik.

Sehabis terjadi kilat pasti di iringi dengan bunyi berdentum-dentum yang orang biasa menyebutnya dengan istilah petir. Kalau pengertian petir menurut fisika yaitu terjadinya petir merupakan loncatan bunga api raksasa di antara dua massa yang memiliki medan listrik berbeda.

Jadi jika antara dua massa tersebut mempunyai medan listrik yang berbeda, maka akan menyebabkan terjadinya aliran arus listrik dalam skala besar yang pada akhirnya dsebut dengan nama petir.

Pada saat terjadi petir, sebaiknya kita tidak berada di area yang terbuka atau berteduh dibawah pohon, karena pepohonan tinggi mempunyai potensi sebagai media penarik petir. Jadi jika petir menyambar, mungkin akan melewati pohon atau bangunan yang paling tinggi menjangkau langit. Itulah sebabnya di gedung-gedung tinggi biasa dipasang sejenis tongkat tembaga yang berfungsi sebagai penangkal petir.


Category Article

What's on Your Mind...