Gejala Alam Di Indonesia

Gejala alam di Indonesia sangat beragam dan kadang dapat menimbulkan bencana yang merugikan banyak orang. Mengenai dampak dari adanya gejala alam di Indonesia dapat dirasakan dalam skala global maupun skala lokal.

Contoh gejala alam di Indonesia misalnya terjadinya gempa bumi, tanah longsor, dan juga adanya gunung berapi meletus. Gejala-gejala alam tersebut dapat terjadi karena faktor alam maupun faktor yang dipengaruhi oleh aktifitas manusia, yang secara tidak langsung dapat mengganggu keseimbangan alam.

Faktor manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam misalnya pada kasus penebangan hutan secara liar yang dapat mengganggu ekosistem dalam hutan dan juga merusak keseimbangan sirkulasi air dalam tanah. Sehingga tak heran kalau di kemudian hari dapat mengakibatkan timbulnya banjir akibat dari aktifitas liar tersebut.

Beberapa gejala alam di Indonesia kadang tidak dapat kita hindari akan terjadi, misalnya saja gunung yang meletus, yang dapat kita lakukan untuk mencegah kerugian besar dari gejala alam tersebut hanyalah melakukan evakuasi dan pencegahan seperti menjaga kelestarian lingkungan agar tidak timbul bencana besar yang tidak kita inginkan.


Category Article

What's on Your Mind...