Fungsi Medula Spinalis

Kalau kita membahas tentang fungsi medula spinalis atau medulla spinalis, maka selanjutnya akan berkaitan dengan tema sejenis yaitu pembahasan soal fungsi sumsum tulang belakang.

Dalam sistem syaraf pusat terdapat dua bagian penting yang menunjang kinerja syaraf pusat yaitu bagian otak dan sumsum tulang belakang. Jangan salah, istilah medulla spinalis merupakan bahasa latin sumsum tulang belakang, jadi kalau kita membahas tentang fungsi medula spinalis berarti kita sama saja membahas tentang sumsum tulang belakang.

Medulla spinalis merupakan organ dalam yang sangat lunak dan rentan akan kerusakan, maka tidak heran kalau organ ini terletak pada bagian dalam tulang yang terlindungi, hal ini juga karena organ ini merupakan organ penting dengan fungsi utama pada sistem syaraf.

Pada medulla spinalis terdapat beberapa bagian yaitu bagian luar yang warnanya putih dan bagian dalam dengan warna abu-abu dan disebut tanduk dorsal (bagian atas), dan tanduk ventral (bagian bawah).

Secara umum fungsi medulla spinalis adalah menerima sensor motorik yang berupa impuls dan diterima oleh tanduk dorsal, sealnjutnya sensor akan keluar melalui tanduk ventral dan diteruskan ke efektor.

Di sepanjang medula spinalis terdapat sel-sel syaraf yang akan meneruskan impuls sensor motorik dan sealnjutnya disampaikan ke otak.


Category Article

What's on Your Mind...