Biodata Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga
Tulisan tentang biodata Sunan Kalijaga ini akan mengulas sedikit mengenai biografi Sunan Kalijaga atau dikenal juga dengan namanya Sunan Kalijogo yang merupakan tokoh Walisongo dan sangat erat dengan umat Muslim di tanah Jawa.

Sunan Kalijaga dikenal masyarakat karena kemampuannya menyatukan antara agama Islam dengan budaya Jawa sehingga cepat mendapatkan pengikut di masa itu. Di perkirakan usia Sunan Kalijaga mencapai lebih dari 100 tahun.

Menurut perkiraan, Sunan Kalijaga lahir pada 1450 dengan nama aslinya Raden Said, dia merupakan putra Raden Sahur atau Tumenggung Wilwatikta yang juga seorang adipati di Tuban.

Sunan Kalijaga Memiliki beberapa nama, nama lain Sunan Kalijogo adalah Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman.

Tentang silsilah Sunan Kalijaga ada beberapa pendapat, ada yang berpendapat kalau Sunan Kalijaga merupakan orang yang berkebangsaan Arab, namun ada juga pendapat yang mengatakan jika beliau adalah keturunan Jawa asli.

Dalam menyebarkan dakwah Islam, beliau selalu mendekati rakyat dengan penuh kasih sayang, sehingga kian hari pengikutnya semakin bertambah. Sunan Kalijaga berprinsip bahwa masyarakat akan menjauhi jika pendiriannya diserang, maka yang perlu dilakukan adalah mendekati mereka secara bertahap.

Ketika wafat, Sunan Kalijaga dimakamkan di desa Kadilangu di dekat Kota Demak. Hiangga sekarang makamnya masih sering di ziarahi orang.


Category Article

What's on Your Mind...