Karakteristik Logam

Karakterstik logam atau sifat-sifat logam. Logam, jenis benda yang sangat banyak terdapat disekitar kita. Hampir semua peralatan saat ini menggunakan logam sebagai bahan dasarnya. Dari berbagai macam jenis logam yang ada, secara umum dari jenis benda logam tersebut memiliki karakteristik khusus yang merupakan ciri khas logam.

Logam

Sebuah benda logam memiliki kecenderungan untuk membentuk kation dan menghilangkan elektronnya yang pada akhirnya akan membentuk oksida basa dengan cara bereaksi dengan oksigen di udara. Jenis logam misalnya besi, nikel, tembaga, dan seng memerlukan waktu yang lama untuk dapat teroksidasi. Sedangkan logam lainnya misalnya emas, palladium, dan platinum sama sekali tidak bereaksi dengan udara.

Dari berbagai macam karakteristik logam yang ada, maka kalau dilihat dari segi korosinya juga memiliki sifat yang berbeda-beda.

Kebanyakan logam memiliki massa jenis yang lebih tinggi daripada benda non logam. Dari berbagai jenis karakteristik logam juga menjadikan logam mempunyai beberapa macam jenis, misalnya logam mulia, logam berat, dll.


Category Article

What's on Your Mind...