Fungsi Saklar | FUNGSI SAKLAR

Secara simpel, pasti semua sudah tahu kalau fungsi saklar adalah untuk mematikan atau menghidupkan lampu. Itu yang paling sederhana, saklar yang paling mudah kita temukan adalah saklar listrik atau saklar untuk lampu. Contoh lainnya adalah sklar TV atau tombol ON/ OFF pada pesawat televisi.

Secara umum kegunaan saklar atau fungsi saklar adalah untuk memutuskan atau menyambungkan suatu rangkaian, bisa itu rangkaian listrik, rangkaian elektronika, atau dalam kegunaan yang lebih canggih fungsi saklar dapat digabungkan dengan peralatan lain misalnya relay atau saklar elektronik.

Fungsi saklar dalam suatu rangkaian listrik adalah untuk memutuskan arus listrik maupun menghubungkan arus listrik. Sebuah saklar dapat bekerja secara manual maupun dikendalikan oleh control lain.

Lalu seperti apakah bentuk saklar itu? Apakah perbedaan fungsi saklar kaki 3 dan saklar kaki 2? Apakah semua jenis saklar itu dikontrol dengan menggunakan tangan? Pasti pertanyaan-pertanyaan tersebut sering kita temui.

Bentuk saklar dapat bermacam-macam sesuai dengan penempatannya, ada saklar yang berbentuk kotak, bulat, saklar gantung, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya saklar terdiri dari dua kaki. Tapi dalam penerapannya terdapat saklar 2 kaki, 3 kaki, sampai multi saklar (saklar dengan banyak kaki/ pin). Masing-masing saklar tersebut fungsinya sama, hanya saja penggunaannya yang berbeda-beda.

Apakah semua saklar dikendalikan/ dikontrol dengan tangan oleh manusia? Jawabannya tidak, ada saklar yang dikendalikan secara manual dengan tangan, namun juga ada saklar otomatis yang dikontrol oleh peralatan lain yang lebih canggih.


Category Article

One Response to “Kampung Jawa”

What's on Your Mind...