Biodata Cut Nyak Dhien

Biografi Cut Nyak Dhien - Artikel kali ini akan membahas tentang Biodata Cut Nyak Dhien atau riwayat Cut Nyak Dhien, seorang pahlawan Nasional Indonesia yang dengan gigih ikut berjuang pada masa penjajahan. Nama Cut Nyak Dhien kalau di eja adalah Tjoet Nja' Dhien, seorang pahlawan wanita yang berasal dari Lampadang, Kerajaan Aceh.

Cut Nyak Dhien

Cut Nyak Dhien lahir pada tahun 1848 dari keluarga bangsawan Aceh Besar. Ayah Cut Nyak Dhien bernama Teuku Nanta Setia, yang masih keturunan dari Machmoed Sati, perantau dari Sumatera Barat.

Cut Nyak Dhien turut berperang dalam Perang Aceh pada masa penjajahan Belanda. Pada tahun 1880 Cut Nyak Dhien menikah dangan Teuku Umar, seorang pahlawan dari Aceh yang juga turut serta dalam peperangan melawan Belanda. Pada mulanya Cut Nyak Dhien menolak lamaran Teuku Umar, namun karena Teuku Umar memperbolehkan istrinya untuk turut berperang maka pernikahan mereka-pun akhirnya dilangsungkan.

Pada tanggal 6 November 1908, Cut Nyak Dhien meninggal dalam masa tua di Sumedang. Seperti yang di ungkapkan oleh penjaga makam, pada mulanya makam Cut Nyak Dhien baru ditemukan pada tahun 1959 berdasarkan permintaan Gubernur Aceh, Ali Hasan.


Category Article

What's on Your Mind...