Pengertian Angklung :: Jenis-Jenis Angklung

Apakah pengertian angklung? Angklung adalah alat musik yang berasal dari Jawa Barat, tepatnya berkembang di daerah Sunda. Alat musik ini digunakan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yang terjadi dari benturan antar pipa bambu dan membentuk nada suara 2, 3, sampai empat dalam setiap nada baik bambu besar maupun yang kecil.

Angklung

Jenis-Jenis Angklung
Ada beberapa macam angklung berdasarkan asal-usul dari alat musik tersebut. Antara jenis jenis angklung tersebut yaitu angklung Kanekes, angklung Dogdog Lojor, angklung Gubrag, dan juga angklung Badeng.

  1. Angklung Kanekes, angklung yang berasal dari daerah Kanekes ini bukan semata-mata sebagai alat musik untuk hiburan, tapi digunakan ketika mereka sedang menanam padi di huma/ ladang.
  2. Angklung Dogdog Lojor, angklung jenis ini dinamakan dogdog lojor terkait penggunaannya dalam suatu kesenian yang bernama Dogdog Lojor yang terdapat di daerah sekitar Gunung Halimun (berbatasan dengan jakarta, Bogor, dan Lebak).
  3. Angklung Gubrag, angklung Gubrag berasal dari daerah Cipining, kecamatan Cigudeg, Bogor. Angklung jenis ini digunakan digunakan sebagai penghormatan terhadap dewi padi dalam kegiatan melak pare (menanam padi), ngunjal pare (mengangkut padi), dan ngadiukeun (menempatkan) ke leuit (lumbung).
  4. Angklung Badeng, angklung Badeng digunakan sebagai alat musik dalam kesenian musikal yang bernama Badeng. Kesenian Badeng terdapat di Desa Sanding, Kecamatan Malangbong, Garut.



Category Article

What's on Your Mind...