Pencemaran Lingkungan Udara

Pencemaran lingkungan, suatu fenomena yang secara langsung maupun tidak langsung akan kita rasakan dampaknya. Pencemaran lingkungan udara merupakan salah satu permasalahan serius yang sekarang ini kita hadapi.

Pencemaran udara

Pencemaran udara adalah kondisi atmosfer yang tercampur substansi fisik, biologi, atau kimia dan hal tersebut dapat membahayakan kelestarian lingkungan baik hewan, tumbuhan, maupun manusia yang tinggal didalamnya. Pencemaran lingkungan udara juga sangat mengganggu kenyamanan lingkungan khususnya udara.

Pencemaran udara atau polusi udara dapat disebabkan karena kejadian alami maupun karena kegiatan manusia, sebagai contoh misalnya polusi suara, polusi cahaya, radiasi, panas, juga pembuangan gas maupun asap yang dilepas ke udara.

Akibat pencemaran udara dapat berdampak buruk pada manusia, lingkungan, maupun pada tumbuh-tumbuhan. Dampak yang paling terasa adalah pencemaran udara yang kita hirup melalui saluran pernapasan sehingga mengakibatkan penyakit infeksi saluran pernapasan.

Dampak terhadap lingkungan dan tumbuhan dapat mengakibatkan tumbuhan yang hidup disekitar udara yang tercemar akan terganggu pertumbuhannya dan juga rawan penyakit. Sedangkan pada skala global, pencemaran lingkungan udara dapat merusak lapisan ozon yang pada jangka panjang dapat mengganggu kenyamanan lingkungan hidup.


Category Article

What's on Your Mind...